Meminimalisir Anak Jalanan, Pemko Tanjungpinang Adakan Pembinaan

Anak Jalanan dan Anak Berhadapan Hukum (ABH) beserta Orang Tua mereka, saat foto bersama Wakil Walikota Tanjungpinang, H Syahrul S.Pd

Anak Jalanan dan Anak Berhadapan Hukum (ABH) beserta Orang Tua mereka, saat foto bersama Wakil Walikota Tanjungpinang, H Syahrul S.Pd

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja menggelar kegiatan pembinaan terhadap anak jalanan tahun 2016 yang dilaksanakan di Aula Embung Fatimah komplek Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Rabu (1/6).

Kegiatan rutin yang bertemakan “Aku Berharga dan Aku Bangga” dilaksanakan setiap tahunnya dengan harapan dapat memberi masa depan yang lebih baik untuk anak-anak jalanan di Kota Tanjungpinang, serta Tanjungpinang bersih dari anak jalanan.

Pada kesempatan itu Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk aktualisasi serta implementasi dari pada Undang – undang Dasar Republik Indonesia, membina anak jalanan agar mendapat masa depan yang lebih baik.

“Peran orang tua sangat dibutuhkan, untuk dapat selalu membimbing anak-anak ini kejalan yang lurus dan benar, dan yang paling penting ialah anak-anak ini harus mengenal Tuhan serta agamanya, karena ini yang akan menjadi dasar untuk memberikan pencerahan bagi anak-anak ini”, ucap  Syahrul.

Dalam kegiatan ini juga, sambung Syahrul, merupakan tugas pokok bagi orangtua untuk melakukan pembinaan serta dapat membimbing anaknya dan jangan malah menjadi pendorong bagi anaknya untuk turun kejalanan.

Syahrul juga menjelaskan oleh karena itu dalam hal ini kebersamaan itu sangat dibutuhkan, bersama pemerintah, masyarakat, seluruh stakeholder terkait dari yang tinggi hingga paling rendah dapat besinergi agar kota Tanjungpinang bebas dari anak jalanan, serta anak-anak ini dapat memiliki masa depan yang lebih baik”, harap Syahrul.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial dan tenaga kerja Drs. Surjadi, MT menjelaskan dalam laporannya kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan terus menerus, dengan harapa secara bertahap dapat membersihkan Kota Tanjungpinang dari anak jalanan.

“Anak jalanan merupakan aset pemerintah yang harus diselamatkan, serta dibina agar anak ini mendapatkan masa depan yang baik”, ujar Surjadi.

Lanjut Surjadi menjelaskan, dalam kegiatan tersebut diisi beragam kegiatan, guna sebagai pembekalan untuk anak dan orang tua.

“Dalam kegiatan ini para peserta akan mendapat ceramah atau tausiah dengan sasaran orang tua dan anak, serta anak juga akan diajak bermain permainan psikologi yang sangat bermanfaat untuk anak”, jelas Surjadi.

Pembukaan kegiatan pembinaan anak jalanan ini turut di hadiri oleh Ketua Penggerak PKK  Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH yang juga selaku Anggota DPRD Provinsi Kepri, Ketua DWP Elsa Famella Riono, unsur SKPD serta Camat dan Lurah Se-Kota Tanjungpinang. (Red/Hum)

Baca juga :

Top