'

Mahasiswa KKN UMRAH Ajak Siswa Bintan Menjaga Kesehatan Gigi

Sebagai Bentuk Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat

Team KKN Revolusi Mental 2016 Universitas Maritim Raja Ali Haji saat berfoto bersama siswa kelas 1 SDN 015 Bintan Timur, Jumat (12/8). (Foto.Devi Novita)

Team KKN Revolusi Mental 2016 Universitas Maritim Raja Ali Haji saat berfoto bersama siswa kelas 1 SDN 015 Bintan Timur, Jumat (12/8). (Foto.Devi Novita)

Bintan, LintasKepri.com – Belasan mahasiswa dari tiga Fakultas di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerjanyata (KKN) Revolusi Mental 2016, Kelurahan Sungai Lekop, Kabupaten Bintan, mulai mengabdikan dirinya dalam berbagai program kerja sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

Salah satu program KKN mahasiswa ini adalah “Sosialisasi Kesehatan” kepada masyarakat tempatan. Mereka memberikan pemahaman melalui cara sikat gigi yang baik dan benar kepada 53 siswa kelas 1 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 015 Jalan Korindo, Kilometer 21, Kecamatan Bintan Timur, Jumat (12/8).

“Maksud dan tujuan dari sosialisasi ini mengajak mereka untuk lebih memperhatikan kesehatan terutama pada gigi, agar tetap sehat dan terjaga. Dan kita (Kelompok KKN Revolusi,red) juga mempraktekkan cara menyikat gigi kepada mereka peserta didik,” ujar Ketua Panitia penyelenggara kegiatan, Devi Novita Wahyuni kepada LintasKepri.com

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 sampai dengan 09.30 WIB itu juga disambut dengan antusias para siswa dan siswi, mereka begitu baik dan menerima kedatangan mahasiswa itu, dengan semangat para siswa berduyun duyun menghampiri para mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan.

“Saya selaku Ketua Panitia juga sangat bangga melihat para siswa siswi bersemangat mengikuti acara sosialisasi yang kami adakan sampai selesai,” kata Devi lagi.

Tidak hanya mengajarkan cara menyikat gigi yang baik, kemudian para mahasiswa ini juga menggelar game (pertandingan berhadiah,red) kepada para siswa SD tersebut. Mereka dihadapkan dalam beragam pertanyaan, jika berhasil menjawab para siswa mendapatkan Hadiah yang telah disediakan mahasiswa.

Peserta Didik Siswa Kelas 1 SDN 015 Bintan Timur saat mengikuti praktek menyikat gigi yang baik dan benar, Jumat (12/8)

Peserta Didik Siswa Kelas 1 SDN 015 Bintan Timur saat mengikuti praktek menyikat gigi yang baik dan benar, Jumat (12/8)

Kegiatan mahasiswa ini juga disambut baik oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SDN 015 Bintan Timur, M Hairi turut mengapresiasi kegiatan para mahasiswa tersebut. “Acara ini sangat positif bagi anak didik, saya bangga kepada mereka yang telah mengadakan kegiatan ini,” ungkap Hairi.

Pada akhir acara, para mahasiswa ini meminta kepada siswa dan siswi untuk menulis impian mereka di secarik kertas yang telah disediakan, kemudian kertas-kertas itu ditempelkan di papan impian yang sudah mereka siapkan.

“Lalu papan impian itu kita serahkan kepada kepala sekolah sebagai bentuk rasa kepedulian kita terhadap impian anak bangsa,” tutupnya. (Aji Anugraha)

Baca juga :

Top