'

Lis Himbau Kostum Peserta Gerak Jalan Sesuai Nilai Perjuangan

Salah satu regu gerak jalan Proklamasi 34 KM, masuk garis finish, (30/08).

Salah satu regu gerak jalan Proklamasi 45 KM, masuk garis finish, (30/08).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan 17 Agustus, Sudah menjadi taradisi oleh rakyar diseluuh Indonesia memeriahkan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya lomba gerak jalan, lomba seperti ini hampir dilaksanakan disemua daerah, termasuk di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelumnya, lomba gerak jalan ini dinamakan “ Tri Lomba Juang,” namun, tahun ini, 2015 Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, menggelar lomba “Gerak Jalan Proklamasi”. Lomba tersebut memiliki tiga kategori, yakni meliputi gerak jalan sejauh 8 kilometer, 17 kilometer, dan 45 kilometer. Dengan kategori jarak lomba itu, mengacu pada Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Lomba gerak jalan yang telah berlangsung mulai dari (25/8) kategori 17 Km, (27/8) kategori 8 Km, dan (29/8) kategori 45 Km itu, telah usai dan berlangsung meriah.

Perlombaan ini diikuti mulai dari kalangan pelajar, masyarakat umum dan Partai Politik (Parpol), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta TNI, Polri, termasuk Dinas dan Instansi dilingkungan Pemerintah kota (Pemko) Tanjungpinang maupun dari Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov kepri). Lomba gerak jalan tersebut, dilepas langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, dan Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, serta Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, terasuk jajaran pejabat lainnya, di Terminal Sungai Carang, Bintan Center Tanjungpinang, Sabtu (29/8) malam.

Diacara pelepasan lomba gerak jalan tersebut, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengaku senang, dengan membeludaknya jumlah peserta pada tahun ini, “ Ini bentuk antusias masyarakat yang tinggi, untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah,” ucap Lis.

Dikatakan Lis, keikut sertaan masyarakat di setiap kegiatan pemerintah, merupakan bentuk rasa persatuan dan sinergitas antara pemerintah dan masyarakatnya.

“Tema gerak jalan tahun ini, adalah Gerak Jalan Proklamasi, dan perlu kita maknai bahwa gerak jalan ini, adalah sebagai semangat kita untuk memperingati hari kemerdekaan. Untuk itu, kedepan, kostum peserta harus disesuaikan dengan nilai-nilai perjuangan, boleh berkreasi asal sopan dan harus mencerminkan nilai-nilai budaya kita,“ tegas Lis.

Tahun ini peserta gerak jalan proklamasi pada kategori 17 Km, sebanyak 348 regu, kategori 8 Km, sebanyak 219 regu, dan kategori 45 sebanyak 236 regu.

Antusias masyarakat pun tak kalah dengan jumlah peserta pada tahun ini. Disepanjang jalan protokol dari start terminal sungai carang hingga finish di pelataran Melayu Square, berdiri ratusan masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya lomba. Teriakan warga pun terdengar, ketika salah satu kerabatnya menjadi peserta gerak jalan.

Pantauan, LintasKepri.com dilapangan, dengan tingginya animo masyarakat kota Tanjungpinang, ingin menyasikan lomba gerak jalan tersebut, hampir disepanjang jalan yang dilewati oleh peserta lomba, dipadati dengan jejeran masyarakat, Bahkan mereka rela tidak tidur, karena ingin menyaksikan lomba tersebut.(Hum/aliasar)

Baca juga :

Top