'

Lis Hadiri Sarasehan Hari Radio Sedunia

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menghadiri Sarasehan Hari Radio Sedunia yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan RRI Tanjungpinang, Sabtu (13/2)

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menghadiri Sarasehan Hari Radio Sedunia yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan RRI Tanjungpinang, Sabtu (13/2)

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menghadiri Sarasehan Hari Radio Sedunia yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan RRI Tanjungpinang, Sabtu (13/2).

Disela-sela Sarasehan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) Pemerintah Kota Tanjungpinang menilai media radio sangat efektif dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada publik serta menyebarluaskan informasi terutama mengenai bencana dan keamanan.

Lis mengatakan, radio merupakan media informasi yang dapat dikatakan sangat cepat dalam memberikan informasi terkini perihal bencana dan media komunikasi ini mudah diakses masyarakat dimanapun berada.

“Radio banyak dimanfaatkan publik untuk mengakses informasi maupun hiburan. Terlebih lagi saat sedang berkendara, saat di laut maupun di gunung karena radio cukup efektif dan jangkauannya sangat luas,” ucapnya.

Dikatakan Lis, untuk Tanjungpinang sendiri bencana yang sering terjadi seperti angin puting beliung, kebakaran hutan, lahan atau pemukiman dan bencana lainnya. Oleh karena itu, radio mempunyai peran penting dalam penyampaian informasi mengenai bencana mulai dari pra bencana, saat bencana, maupun pasca bencana, sehingga informasi tersebut menjadi pencegahan bencana dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tanggap bencana.

Selain melalui media komunikasi, masyarakat turut berperan memberikan informasi apabila ada hal-hal yang dapat menimbulkan bencana.

Di kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Radio. Semoga semakin eksis, dapat memberikan informasi lebih luas serta berperan aktif dalam membangun Kota Tanjungpinang.

“Mari kita bersatu padu membangun negeri tercinta ini,” tutup Lis.

Senada dengan itu, Agustiawarman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang mengatakan Radio berperan penting dalam memberikan informasi secara cepat di desa dan di kota terutama dalam keadaan darurat bencana.

“Radio mempunyai kehandalan tersendiri dalam menyampaikan informasi secara cepat kepada masyarakat, dan menjadi alat komunikasi yang disenangi oleh warga,” katanya.

Ia mengatakan, sebagai institusi menangani bencana, RRI memegang peran penting dalam memberi informasi secara aktual dan terpercaya.

“Untuk itu, kami terus menjalin koordinasi dan kerjasama. Peran semua pihak sangat kami butuhkan untuk pengamanan dan pencegahan bencana di Tanjungpinang,” ujar Agus.

Sarasehan yang mengambil tema ” Radio dalam keamanan dan bencana ” selain walikota dihadiri juga Kepala Dinsosnaker, Surjadi, Kepala Dishubkominfo, Wan Samsi, Perwakilan Polres, Kodim, Lurah, Ketua RT/RW serta perwakilan Tagana.

Acara tersebut juga diisi dengan dialog interaktif dan hiburan ragam melayu. (hum/red)

Baca juga :

Top