Ketua DPRD Tak Pimpin Rapat Paripurna

Wakil Ketua II DPRD Karimun saat Memimpin Rapat Paripurna

Wakil Ketua II DPRD Karimun saat Memimpin Rapat Paripurna

Karimun, LintasKepri.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karimun tidak memimpin rapat paripurna dalam rangka pembahasan mengenai rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Pertamanan dan Dekorasi Perkotaan di ruang rapat paripurna Balai Rong Sri, Kabupaten Karimun, pukul 11.00 WIB, Kamis (31/3).

Rapat tersebut dihadiri 21 anggota DPRD Karimun dipimpin Wakil Ketua II DPRD Karimun, Bakti Lubis, SH. Hal ini menimbulkan pertanyaan anggota DPRD yang hadir.

Wakil Ketua II DPRD Karimun, Bakti Lubis, SH kepada LintasKepri.com mengatakan, sang ketua tidak memimpin sidang dikarenakan telah diberhentikan.

“Dia (Ketua DPRD Karimun,red) sudah diberhentikan jabatan oleh Badan Kehormatan (BK). Tentu alasan dan dasar Badan Kehormatan memberhentikan berdasarkan pengaduan yang sudah melalui proses dan telah diambil keputusan,” ujarnya.

Disisi lain Ketua DPRD Karimun, H M Asyura perihal mengapa ia tidak memimpin sidang pada hari ini mengatakan, berdasarkan legalitas yang mempunyai hak untuk memimpin sidang adalah Ketua DPRD Karimun.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Karimun

Suasana Rapat Paripurna DPRD Karimun

“Selagi saya belum dikeluarkan SK dari Menteri Dalam Negeri ataupun Gubernur, berarti saya masih sah sebagai Ketua DPRD. Keputusan BK itu sifatnya hanya berupa rekomendasi bukan memutuskan saya selaku pimpinan atau Ketua DPRD Kabupaten Karimun,” tegas Asyura.

Berhubung dirinya masih menjabat sebagai Ketua DPRD Karimun, Asyura mempertanyakan apakah keputusan DPRD lebih tinggi daripada keputusan undang-undang ataukah Keputusan Menteri Dalam Negeri yang mengeluarkan SK-nya dan melalui Gubernur Kepri.
(zie)

Baca juga :

Top