''

Kepri Optimis Datangkan 100 Yacht Ke Kepri di Sail Selat Karimata

Foto: Pikiran Rakyat.com

Foto: Pikiran Rakyat.com

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Festival Sail Selat Karimata 2016 siap digelar secara berurutan di empat Provinsi di Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Barat (Kabupaten Kayong Utara), Kepulauan Riau, Jambi, dan Bangka Belitung.

Provinsi Kepulauan Riau yang juga selaku tuan rumah telah siap dan optimis menyambut event bertaraf internasional tersebut.

“Kesiapan kita ya kita harus siap. Kita sudah siap. Nanti titik labuh kapal yacht kita siapkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti, Selasa (25/10/16).

Kata dia, intinya mulai besok Rabu (26/10/16) secara kolektif kapal-kapal yacht sudah mulai berdatangan. Ada juga yang nantinya datang pada tanggal 27 dan 28. Provinsi Kepulauan Riau akan mendatangkan perahu/kapal pesiar (yacht) dalam jumlah ratusan guna memecahkan rekor perjalanan sail di Indonesia.

“Target saya dapat saja 100 kapal yacht tentunya sudah memecahkan rekor perjalanan sail di Indonesia. Dalam sejarah perjalanan sail di Indonesia, itu kapal tidak lebih dari 100. Mudah-mudahanlah Kepri yang paling banyak di datangi para kapal yacht,” tuturnya.

Sebagai upaya guna mencapai target dan memecahkan rekor dalam perjalanan sail di Indonesia tersebut, Guntur telah melobi operator kapal yacht nasional untuk mendatangkan kapal mewah itu ke perairan Kepulauan Riau.

“Makanya kita minta dua operator kapal yacht nasional untuk mendatangkan yachtnya ke sini. Dua duanya sudah conform,” katanya.

Pihaknya juga meminta tolong ke Nusapoint Marina dan Dibity untuk mendatangkan yacht dari Singapura.

“Kalau sekiranya nanti pada tanggal 29 seluruh kapal Yacht pada berdatangan dan berkumpul ke sini (Kepri,red) dalam sejarah perjalanan sail di Indonesia di sinilah (Kepri) yang terbanyak,” terangnya.

Disamping itu juga, proses clearance sudah dipersiapkan untuk memfasilitasi kebutuhan para yachter.

“Kita siapkan juga apakah mereka nantinya ingin difasilitasi kebutuhan lain-lain seperti bahan bakar, air bersih termasuk laundry,” ungkapnya.

Guntur menjelaskan, sail ini sebenarnya adalah olahraga yang digandrungi oleh orang-orang kaya di dunia. Beberapa negara maju menjadikan daerahnya sebagai tempat entryport dan exit olahraga ini.

“Event ini untuk menarik pangsa pasar wisatawan kelas atas,” kata dia.

Ia menerangkan, peserta yang paling jauh di ajang Sail Selat Karimata yaitu United Kingdom, Australia, dan Inggris.

“Nanti data manifestnya akan kita keluarkan. Titik labuhnya di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang,” jelasnya.

Setibanya yacht di perairan Kepri, nantinya akan di kawal oleh TNI AL, KPLP, Polairut dan aparat terkait.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya puncak Festival Sail Selat Karimata telah berlangsung pada 15 Oktober 2016 lalu.

Presiden RI Joko Widodo saat itu tiba di Tanah Kayong (Provinsi Kalimantan Barat) pada Jumat (14/10) kemarin untuk meresmikan festival yang digelar di Pantai Pulau Datok tersebut. (Rie)

Baca juga :

Top