''

Kecamatan Tanjungpinang Barat Launching Pelayanan Berbasis Android

Kecamatan Tanjungpinang Barat Launching Pelayanan Berbasis Android

Kecamatan Tanjungpinang Barat Launching Pelayanan Berbasis Android.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, Kecamatan Tanjungpinang Barat melakukan inovasi dalam sistem Pelayanan Aplikasi Kecamatan Cepat, Aman, Modern, Akuntable dan Transparat atau yang disingkat dengan Pak Camat.

Aplikasi berbasis android tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi maupun penyaluran aspirasi.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberi apresiasi kepada Camat Tanjungpinang Barat yang telah melakukan inovasi dalam sistem pelayanan.

“Ini bisa menjadi percontohan kepada Camat dan Lurah lainnya. Sistem ini perlu dikembangkan dan terkoneksi sehingga pelayanan dapat diberikan dengan mudah kepada masyarakat,” kata Lis di acara Launching Aplikasi Berbasis Android Pak Camat dan peresmian panggung rakyat, Jumat (16/12).

Lis menerangkan, inovasi teknologi bukanlah hal yang baru, dan ini merupakan tuntutan zaman diera teknologi yang semakin cangih, dan mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mampu mengikutinya.

“Jadi RT/RW harus bisa memanfaatkan teknologi itu untuk mempermudah pelayanan kepada warganya,” kata dia.

Kedepan, sistem pelayanan puskesmas akan menggunakan aplikasi eletronik. Terobosan ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan hanya mendownload aplikasi untuk melakukan register, kemudian akan mendapat nomor antrian dan disarankan kapan waktunya untuk datang ke puskesmas.

“Jadi tidak perlu antri lagi,” kata Lis.

Selain itu, sistem ini untuk menghindari pungli. Kecuali pelayanan tatap muka yang benar-benar urgent, sekaligus menghindari ramainya antrian di puskesmas sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan baik serta memberi kepuasan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Camat Tanjungpinang Barat, Boby Wira Satria menjelaskan, program aplikasi berbasis android untuk tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat adalah yang pertama di Indonesia.

“Hal ini berawal dari cita-cita kami, bagaimana memberi kemudahan pelayanan seperti pemesanan tiket online. Disamping itu, program ini salah satu penjabaran visi misi pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat,” jelasnya.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat meresmikan panggung rakyat di Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat meresmikan panggung rakyat di Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Boby menyebut, aplikasi Pak Camat ini akan terkoneksi dengan petugas pelayanan Kecamatan.

“Apabila bapak/ibu akan melakukan kepengurusan administrasi, bapak/ibu tinggal mengisi formulir di sitem tersebut, dan data bapak/ibu langsung tersimpan di data base kami, sehingga ada kepengurusan lainnya tidak perlu mencatat berulang-ulang dan tidak harus mondar-mandir lagi,” pesan Camat Tanjungpinang Barat ini.

Disamping kepengurusan admistrasi, aplikasi ini memberi pelayanan pengaduan, misalnya ada kejadian bencana alam maupun laporan lainnya, dan bisa langsung dieksekusi.

“Apabila bapak/ibu belum memahami aplikasi ini atau ada masalah dalam mendownload, bisa langsung ke pelayanan kami, kita akan membantu bapak/ibu,” terangnya.

Berkaitan dengan telah tersedianya panggung rakyat di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Boby mengungkapkan bahwa panggung rakyat itu merupakan sarana terbuka umum bagi masyarakat. (dar/hum/red)

Baca juga :

Top