''

Jelang Natal dan Tahun Baru, Penumpang Pelabuhan SBP Melonjak

Pelabuhan SBP TPITanjungpinang, LintasKepri.com – Arus penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang jelang libur Natal dan Tahun Baru terlihat meningkat sejak seminggu lalu.

Diperkirakan akan terus meningkat hingga dua hari kedepan.

Kepala Pos Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), KSOP Kelas II Tanjungpinang, Sutoyo mengatakan untuk lonjakan penumpang telah merangkak naik mulai 10 Desember kemarin dengan persentase 15 persen.

Namun untuk satu hari jelang perayaan Natal (H-1) meningkat hingga 20 persen.

“Berbeda di H-1 Natal hari ini, lonjakan penumpang di pelabuhan mencapai 20 persen dari biasanya,” kata Sutoyo, Sabtu (24/12).

Menurutnya, lonjakan penumpang diprediksi akan terus meningkat secara signifikan.

Mengingat setelah Natal, perayaan Tahun Baru juga menjadi moment libur bagi semua masyarakat.

“Kita juga memperkirakan jumlah lonjakan penumpang hingga akhir tahun bisa terus meningkat diatas persentase Natal. Atau dengan kata lain bisa naik 20 persen ke atas,” tuturnya.

Perihal mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, KSOP Tanjungpinang telah melakukan sejumlah kesiapan dengan melakukan uji petik kelayakan kapal (armada) yang beroperasi di pelabuhan.

“Kemarin kita sudah cek kelayakan seluruh kondisi kapal. Baik itu kapal dari pintu pelabuhan Tanjungpinang, Batam hingga antar pulau,” jelas Sutoyo.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan petugas yang bertugas menakhodai kapal maupun yang ikut dalam crew kapal. Sebab, kata Sutoyo, seluruh petugas di atas kapal harus sehat.

“Kita juga telah lakukan uji petik kesehatan bagi nahkoda kapal, mualim, KKM dan masinis. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan oleh human error,” tegasnya.

Adapun tujuan para penumpang dari pelabuhan SBP hampir ke semua daerah seperti Batam, Dumai, dan dalam daerah Kepri.(Red)

Baca juga :

Top