HMI Batam Demo Wakil Ketua KPK

– Saut Situmorang Diduga Mencemarkan Nama Baik HMI di Televisi

Aksi unjuk rasa HMI Kota Batam, di depan Kantor DPRD Kota Batam, Senin (9/5).

Aksi unjuk rasa HMI Kota Batam, di depan Kantor DPRD Kota Batam, Senin (9/5).

Batam, LintasKepri.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Aksi Unjuk Rasa (Demo) di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Senin (9/5) sekira pukul 11.25 WIB.

Dalam Demo tersebut, mahasiswa meminta DPRD Kota Batam merekomendasi tuntutan mereka untuk menindak dan memproses secara hukum Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang atas dugaan pencemaran nama baik HMI, saat memberikan stadmant (penyampaian,red) di salah satu program acara Televisi swasta beberapa waktu lalu.

“Pada hari ini kami telah melaporkan Saud Situmorang ke Polda dan Polres, dengan tuduhan mencemarkan nama baik HMI. Kami mohon kepada DPRD untuk mendukung kami. Menindak serta melakukan proses hukum terhadap Saudara Saud Situmorang yang telah melakukan pencemaran nama baik, penghinaan, perbuatan tidak menyenangkan dan telah merugikan nama Baik HMI,” ujar mahasiswa dalam tuntutannya.

Mereka (HMI,red) juga meminta kepada Saut Situmorang untuk meminta maaf kepada HMI dengan cara  menyampaikan permohon maaf melewati, media elektronik maupun cetak dalam kurun waktu lima hari berturuut-turut.

Para mahasiswa tersebut menduga, statement atau pernyataan Saut Situmorang yang tendensius dan telah menstigmakan serta menggenalisir HMI sebagai organisasi yang melahirkan pelaku Korupsi di Indonesia.

“Saudara Saud Situmorang harus mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena telah melanggar etika pejabat publik dan Norma-norma hukum,” ungkap para pengunjuk rasa dalam orasinya.

Aksi unjuk rasa HMI Kota Batam, di depan Kantor DPRD Kota Batam, Senin (9/5).

Aksi unjuk rasa HMI Kota Batam, di depan Kantor DPRD Kota Batam, Senin (9/5).

Menanggapi Unras HMI itu, perwakilan DPRD Kota Batam, Tumbur M Sihaloho menemui para pengunjuk rasa.

Tumbur mengatakan, DPRD Kota Batam siap mendukung tuntutan para mahasiswa tersebut.

“Kami dari DPRD akan mendukung apa yang telah menjadi tuntutan adek – adek Mahasiswa dari HMI. Pada kesempatan hari ini kami komit dan sepakat untuk mendukung pergerakan ini untuk memecat Saut Situmorang karena perbuatannya,” kata Tumbur dihadapan para pengunjuk rasa.

Diketahui sebelumnya, pernyataan yang tidak mengenakkan itu disampaikan  Saut Situmorang di salah satu stasiun televisi swasta, saat menjadi narasumber dalam program bertopik “Harga Sebuah Perkara”.

Saut menuturkan hubungan korupsi dan kejahatan dengan orang-orang cerdas. Saat itu, dia menjadikan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) minimal LK I sebagai contoh dari relasi tersebut.

Setelah menyampaikan orasi dan tuntutannya, para pengunjuk rasa membubaarkan diri dengan tertib dan aman. (r/Aji Anugraha)

Baca juga :

Top