'

Garuda Bintan Desak Disdik Kepri Transparan Soal Bea Siswa

Ketua Umum Garuda Bintan, Aris, di Tanjungpinang, Sabtu (9/12).

Ketua Umum Garuda Bintan, Aris, di Tanjungpinang, Sabtu (9/12).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Gerakan Pemuda Bintan (Garuda Bintan) mendesak Pemerintah Provinsi Kepri dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Arifin Nasir, untuk segera mengklarifikasi permasalahan penerimaan beasiswa yang dinilai kurang transparan.

Pasalnya diduga terdapat beberapa nama ganda yang menerima beasiswa tersebut.

“Ini tentu saja bertentangan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik serta peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 30 tahun 2010 tentang pemberian bantuan biaya peserta didik,” kata Ketua Umum Garuda Bintan, Aris, di Tanjungpinang, Sabtu (9/12).

Ia meminta Kadis Pendidikan Provinsi Kepri untuk tidak lari dari permasalahan ini. Kata Aris, jika memang tidak mampu, harusnya pihak Dinas Pendidikan menggunakan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi.

Atas dasar itu, Aris meminta Arifin Nasir, selaku Kadis Pendidikan beserta jajarannya untuk segera memberikan klarifikasi terkait permasalahan beasiswa yang dinilai kurang transparan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan ini.

“Ini adalah uang rakyat yang diamanahkan kepada pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Kepri,” tegasnya.

Aris menegaskan, jika Kadis Pendidikan Kepri tidak mampu menyelesaikan serta mempertanggungjawabkan hal ini, diminta mundur dari jabatan.

“Kita punya data lengkap, kita bisa buktikan sebagian dari penerima beasiswa itu adalah titipan,” ungkap Aris.

Selain itu juga, Aris menyayangkan bahwa mahasiswa Bintan yang menerima beasiswa hanya 3 orang.

“Mahasiswa Bintan yang menerima beasiswa tersebut hanya 3 orang saja. Tentu ini akan menjadi multitafsir tersendiri sehingga kepercayaan mahasiswa kepada pemerintah akan luntur, kita tidak mau ini terus terjadi. Saya akan memperjuangkan hak mahasiswa meski harus menempuh jalur hukum sekalipun,” tutup Aris.

(Iskandar)

Baca juga :

Top