Redaksi dan Pemasaran Telp 0823 9147 2156, Email: redaksi.lintaskepri@gmail.com

Disparbud Tanjungpinang Gelar Festival Lagu Melayu Tingkat SMA

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang menggelar Festival Lagu Melayu tingkat SMA se – Kota Tanjungpinang di Mamak Den Square Tanjungpinang pada Oktober 2015. Festival ini sebagai ajang kreativitas bagi para siswa tingkat SMA.

Kepala Disparbud Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, pihaknya menggelar festival ini bertujuan semata-mata untuk melestarikan lagu Melayu dan memperkenalkan kepada pemuda-pemudi di Tanjungpinang tentang gaung lagu Melayu yang sangat indah jika didengar.

“Kita juga mengharapkan dengan kegiatan ini, lagu Melayu dapat disukai, diminati dan dicintai semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja dan orang tua. Lagunya mendidik dan lantunan melodi yang harmoni, lagu melayu pantas menjadi salah satu lagu favourite, khususnya untuk masyarakat Tanjungpinang,” katanya.

Kegiatan ini, kata dia, memang difokuskan untuk pelajar, khususnya jenjang menengah atas. Mengingat di jenjang inilah pelajar sudah mulai beranjak dewasa. Kegiatan ini diadakan sebagai langkah dalam menanamkan nilai-nilai moral dan nilai kebangsaan.

Diharapkan dapat mengimbangi budaya asing. Karena budaya asing sedikit demi sedikit telah meracuni kawula muda di kota ini. Dengan lagu Melayu ini, mudah-mudahan dapat mengurangi pengaruh global secara perlahan-lahan telah masuk ke dalam budaya lokal khususnya di Kepulauan Riau.

Festival Lagu Melayu ini juga untuk mencari bibit-bibit sebagai pewaris meneruskan penciptaan dan menyanyikan lagu-lagu melayu untuk Kota Tanjungpinang khususnya, dan Kepulauan Riau pada umumnya.

“Pelestarian lagu Melayu sangat penting, harus dijaga dan ditumbuh kembangkan dari sekarang. Makanya, kepada orang tua diharapkan jangan gengsi mengajarkan anaknya tentang adat dan budaya sendiri,” ujar Juramadi yang juga menjabat ketua NU Kota Tanjungpinang.

Festival ini resmi dibuka oleh Kabag Ekbang Sekretariat Pemko Tanujungpinang, Robert Pasaribu. Acara dihadiri beberapa pejabat Kota Tanjungpinang, yakni Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Pepy Candra, dan Ibu Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul yang juga sebagai Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tanjungpinang.

Kegiatan dilaksanakan pada 26 Oktober 2015. Puncak acara finalnya pada 27 Oktober 2015, dimeriahkan 57 peserta dari pelajar SMA se – Kota Tanjungpinang.

Redaksi dan Pemasaran Telp 0823 9147 2156, Email: redaksi.lintaskepri@gmail.com
Top