'

BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

Konferensi Pers mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Tanjungpinang, Kamis (15/6).

Konferensi Pers mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Tanjungpinang, Kamis (15/6).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sebagai wujud implementasi kepedulian, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang meluncurkan Aplikasi Kesehatan Berbasis Andorid dan Care Center 24 jam di nomor 1500400.

Aplikasi ini diperuntukan untuk peserta JKN-KIS selama mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah. Aplikasi ini merupakan kebijakan khusus dari BPJS Kesehatan terkait prosedur pelayanan.

Peserta JKN-KIS dijamin bisa memperoleh layanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana selama lebaran.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedur, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” kata Direktur Pelayanan Maya Amiarny Rusady dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (15/6).

Menurut Maya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan yang mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS ini akan berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017.

Konferensi Pers mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Tanjungpinang, Kamis (15/6).

Konferensi Pers mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Tanjungpinang, Kamis (15/6).

Diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun setelah sampai ke tujuan, tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

“Penting diketahui pelayanan kesehatan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Dimohon juga agar peserta memastikan iuran kepesertaan BPJS nya aktif,” katanya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dr Lenny Marlina Manalu mengatakan bahwa kebijakan layanan khusus saat mudik lebaran akan memberikan layanan kesehatan pada peserta berupa posko-posko layanan kesehatan di delapan titik.

“Mulai dari pelabuhan, bandara dan terminal dengan menyiapkan tenaga medis dan obat-obatan,” kata dia.

Selama dalam perjalanan mudik atau lebaran di luar daerah, BPJS Kesehatan juga memberikan kemudahan layanan bagi peserta seperti mengecek iuran peserta maupun kepastian keaktifan kartu. Peserta juga dapat mengakses aplikasi BPJS Kesehatan Mobile berbasis android pada menu cek iuran.

“Sedangkan daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile maupun melalui Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400,” katanya.

(Iskandar)

Baca juga :

Top