'

BNI Tanjung Uban Jadi Kanal Pendaftaran JKN-KIS di Empat Kecamatan Ini

Kepala BPJS cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina Manalu.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina Manalu.

Bintan, LintasKepri.com – BNI cabang Tanjung Uban menjadi tempat pendaftaran hingga pembayaran JKN-KIS di empat kecamatan di Kabupaten Bintan.

Adapun empat kecamatan tersebut yakni Bintan Utara, Sri Kuala Lobam, Teluk Sebong dan Teluk Bintan. Daerah ini adalah paling terdekat dengan Bank BNI cabang Tanjung Uban.

“Kami berharap Bank BNI cabang Tanjung Uban ini menjadi kanal pendaftaran dan kanal pembayaran untuk peserta JKN-KIS,” kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina Manalu, saat menghadiri acara Launching Pendaftaran JKN-KIS di Bank BNI Tanjung Uban, Kamis (6/4) sore.

Kata dia segala bentuk administrasi gratis (tidak dipungut biaya). Bank ini dipilih sebagai mitra yang baru karena jarak tempuh empat kecamatan tersebut dekat dengan BNI cabang Tanjung Uban.

“Kita ambil empat kecamatan itu karena wilayahnya paling terdekat dengan Bank BNI cabang Tanjung Uban ini,” jelas Lenny.

Disisir satu persatu, katanya, untuk di Kecamatan Bintan Utara ada 21274 jiwa dan yang telah menjadi peserta KIS sekitar 17610 orang.

“Artinya ada selisih sekitar 3664 yang belum memiliki kartu JKN, dan berpotensi menjadi peserta,” kata Lenny.

Sedangkan di Kecamatan Sri Kuala Lobam ada 15716 jiwa. Yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sekitar 13561, berpotensi 2155 jiwa yang akan direkrut untuk menjadi peserta JKN.

Wilayah Teluk Sebong berjumlah 15804 jiwa, total yang telah jadi peserta JKN-KIS sekitar 11400, berpotensi direkrut berjumlah 4404.

Di Teluk Bintan dari jumlah 10579 jiwa, 9816 telah mendaftar. Sedangkan sisanya 763 orang berpotensi bergabung.

“Karena di Tanjung Uban termasuk daerah padat penduduk, dan kita anggap blank spot (tidak ada petugas) disini, makanya kita tunjuk BNI cabang Tanjung Uban sebagai mitra,” tutur Lenny.

BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang foto bersama pihak Bank BNI cabang Tanjung Uban.

BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang foto bersama pihak Bank BNI cabang Tanjung Uban.

Dia juga berharap agar masyarakat di seputaran empat kecamatan tersebut, maupun di Tanjung Uban agar memanfaatkan Bank BNI yang ditunjuk untuk mendaftar sebagai peserta melalui aplikasi on-line yang ditawarkan sekaligus sebagai tempat pembayaran iuran peserta.

“One Stop Service untuk membuat kartu JKN,” ungkap Lenny.

Selaku perpanjang tangan pemerintah, BPJS Kesehatan jauh-jauh hari telah melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Hanya saja saat itu setakat memberikan informasi.

“Kalau ke bank kita bisa dapat informasi sekaligus bisa mengakses tentang hal-hal BPJS Kesehatan. Ini kan menarik,” kata Lenny.

Dia tak ingin lagi masyarakat sekitar Tanjung Uban dan empat kecamatan tersebut jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan Tanjungpinang untuk mendaftar sebagai anggota JKN-KIS.

“Dengan menggandeng bank ini, tak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang demi menghemat waktu dan biaya. Cukup datang ke BNI cabang Tanjung Uban untuk mendaftar dibantu petugas BNI agar mendapatkan kartu JKN,” katanya.

(Iskandar)

Baca juga :

Top