'

Bintan Terbaik Kategori Kelurahan dan Desa Se-Provinsi Kepri

img_20170718_175217Bintan, LintasKepri.com – Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan, sukses menjadi yang terbaik dalam perhelatan Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Pengumuman Juara ini disampaikan langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun pada pembukaan Rapat Kerja Teknis Kepala Desa dan Rapat Kerja Pemerintahan Desa di Aula Wan Seri Beni Dompak, Selasa (18/7).

Berdasarkan SK Gubernur Kepulauan Riau Nomor 695 Tahun 2017, maka ditetapkan Juara Lomba Kelurahan dan Desa Terbaik tingkat Kepulauan Riau sebagai berikut.

Kategori Desa Terbaik yaitu Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan, Desa Limau Manis, Kabupaten Natuna, dan Desa Tulang, Kabupaten Karimun.

Kategori Kelurahan Terbaik yakni Kelurahan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan, Kelurahan Tiban Lama, Kota Batam, dan Kelurahan Senggarang, Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bintan atas prestasi yang diraih oleh Desa Toapaya Selatan dan Kelurahan Toapaya Asri untuk menjadi yang terbaik se-Kepulauan Riau.

“Tahniah saya ucapkan kepada Bapak Apri Sujadi yang telah sukses melakukan penataan pemerintahan sehingga desa dan kelurahannya dapat menjadi yang terbaik dalam ajang lomba kali ini. Pak Apri sendiri merupakan Bupati termuda di wilayah Kepulauan Riau sehingga semangatnya dalam memimpin masih membara. Hal ini dibuktikan juga dengan kesuksesan beliau dalam mendatangkan investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Bintan. Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi kepala daerah lainnya untuk semangat membangun guna terwujudnya masyarakat Kepulauan Riau yang sejahtera,” papar Nurdin.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi yang juga hadir dalam pengumuman juara lomba tersebut, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh kelurahan dan desa dibawah kepemimpinannya.

“Saya ucapkan terimakasih atas kesuksesan yang diraih oleh Kelurahan Toapaya Asri dibawah Kepemimpinan Arif Sumarsono dan Desa Toapaya Selatan dibawah Kepemimpinan Suhenda sehingga menjadi yang terbaik Se-Provinsi Kepulauan Riau. Prestasi ini tentu membanggakan bagi Masyarakat Kabupaten Bintan,” kata Apri.

Penghargaan tersebut, sambungnya, merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukan selama ini sehingga berbuah hasil yang manis.

“Ini semua berkat niat dan usaha segala pihak mulai dari Pemerintah Tingkat Desa/Kelurahan, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan segenap masyarakat Kabupaten Bintan yang bahu membahu dalam menjalankan fungsinya sehingga kita mampu mewujudkan cita-cita kita Bintan yang Gemilang,” jelas Apri.

Apri berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan. Predikat terbaik yang diraih tentu menjadi motivasi baginya untuk terus bekerja lebih baik lagi dalam memimpin Kabupaten Bintan.

Beberapa aspek yang menjadi barometer penilaian dalam Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik kali ini adalah Profil Desa dan Kelurahan, Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Masyarakat dan Capaian Pembangunan.

Dari segala aspek tersebut, Kelurahan Toapay Asri dan Desa Toapaya Selatan unggul dari kompetitor yang lain.

Menurut informasi dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan, Rony Kartika mengatakan Desa Toapaya Selatan juga akan mengikuti Lomba Desa Terbaik tingkat Regional Sumatera yang diadakan oleh Dirjen Bina Desa Kementrian Dalam Negeri.

“Tanggal 24 Juli nanti akan ada Tim Penilai dari Kemendagri yang akan turun ke Desa Toapaya Selatan untuk melakukan Klarifikasi Lapangan dan Penilaian. Desa Toapaya Selatan sendiri telah masuk sebagai Nominator 5 Desa Terbaik Tingkat Regional Sumatera,” tutur Rony.

Turut hadir dalam Penyerahan Penghargaan kali ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Riau Sardison, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Rony Kartika, Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, M. Insan Amin, dan Camat Toapaya Riang Anggraini.

(red)

Baca juga :

Top