'

Besok, Pemkab Bintan Gelar Sholat Gerhana Berjamaah

– Dilaksanakan Di Dua Masjid

Bupati dan Waki Bupati Bintan Terpilih Apri Sujadi dan Dalmasri Syam

Bupati dan Waki Bupati Bintan Terpilih Apri Sujadi dan Dalmasri Syam

Bintan, LintasKepri.com – Pemerintah Kabupaten Bintan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Bintan akan menyelenggarakan Sholat Gerhana, di dua Masjid yang ada di Bintan besok Rabu (9/3) nanti.

Adapun penyelenggaran Sholat Gerhana itu akan dilaksanakan di masjid Nurul Iman Kijang, Kecamatan Bintan Timur, dengan Imam H.Arusman Yusuf dan Khatib H Erizal Abdullah, yang insyaallah akan di hadiri Bupati Bintan Apri Sujadi, S.Sos.

Sementara untuk Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, MM akan mengikuti sholat gerhana di masjid Baitul Makmur Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara dengan Imam Ust.H.Yaser Arafat dan Khatib H.Isa Anshori,Mc serta turut dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD dan Pejabat esselon 3 dan 4 Pemerintah Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan Apri Sujadi, S.Sos dan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam,MM mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bintan ” Ayo beramai-ramai kita laksanakan Shalat Gerhana berjamaah ” imbau pimpinan kebanggaan masyarakat Bintan yang disapa Asri ini.

Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Bintan, Roni Kartika menyampaikan, pelaksanaan sholat dimulai dari pagi 07.00 wib sampai dengan pukul 08.30 wib dengan dianjurkan berpakaian putih-putih serta hadir 15 menit sebelum acara tersebut di mulai.

Sebagaimana Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau lalu mengutus seseorang untuk menyeru ‘ASH SHALATU JAMI’AH’ (mari kita lakukan shalat berjama’ah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku’ dan empat kali sujud dalam dua raka’at. (HR. Muslim )

Untuk diketahui, fenomena alam Gerhana Matahari total akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Dalam Agama Islam, jika fenomena itu terjadi di anjurkan untuk melaksanakan Shalat Gerhana, dengan dua rakaat. (Aji Anugraha)

Baca juga :

Top