Bagian Ortal Setdako Tanjungpinang Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas 2015

Lis Darmansyah, Walikota Tanjungpinang. F/Dok/Lintaskepri.com

Lis Darmansyah, Walikota Tanjungpinang. F/Dok/Lintaskepri.com

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap Aparatur dalam bidang tata naskah dinas dalam proses administrasi. Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setdako Tanjungpinang, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tata Naskah Dinas  2015,  di Aula Lantai III, Kantor Walikota Senggarang Kota Tanjungpinang,  resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Selasa (29/09).

“Fungsi tata naskah dinas sangat penting untuk pelaksanaan dan mempercepat tercapainya tujuan suatu instansi, maka dalam membuat tata naskah dinas harus hati-hati, teliti dan sesuai dengan pedoman yang telah diberikan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang pada gilirannya nanti akan berpengaruh pada kinerja dalam suatu instansi,” kata Lis.

Kemudian, Lis berpesan, untuk mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga nantinya setiap pejabat yang bertanggungjawab pada proses administrasi bisa memahami sistimatika penulisan, penggunaan bahasa maupun tata cara administrasi yang benar dan baik, sesuai pedoman tata naskah dinas yang berlaku.

Dilanjutkan Lis, bahwa pelatihan harus diikuti oleh orang-orang yang berkompeten dibidangnya, sehingga mereka secara profesional mampu mengimplementasikan tata naskah dinas di instansi masing-masing, “Ketelitian, keseragaman dan tertib administrasi sangat diutamakan dalam proses penyelenggaraan administrasi, jadi manfaatkanlah kegiatan ini, apa yang menjadi kelemahan-kelemahan kita, dapat kita perbaiki, agar bisa dilaksanakan lebih baik lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Kabag Ortal Setdako Tanjungpinang, Drs. Wan Chairil, MM, dalam laporannya, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan bimbingan teknis ini, adalah untuk menciptakakan tertib administrasi dalam penyelenggaraan tata naskah dinas di lingkungan pemerintah kota Tanjungpinang, selain itu, untuk menciptakan kelancaran komunikasi dan keseragaman yang efektif mengenai pedoman penyusunan tata naskah dinas yang baik dan benar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ditambahkan Wan Chairil, peserta yang mengikuti bimbingan teknis  sebanyak 100 orang peserta, terdiri dari para sekretaris, pejabat tata usaha di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unit kerja Pemko Tanjungpinang. “Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari  (29-30/09), peserta akan diberikan materi yang berkaitan dengan penyusunan tata naskah dinas yang baik dan benar, oleh narasumber yang berasal dari Biro Ortal Kemendagri, Jakarta,” tuturnya

Acara Bimtek tersebut dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah, serta seluruh peserta bimtek tata naskah dinas se-Kota Tanjungpinang.(Hum/red)

Baca juga :

Top