'

ASN Dituntut Handal, Profesional dan Tangguh

Peringatan HUT OTDA XXI Kepri 2017

Peringatan HUT OTDA XXI Kepri 2017

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun menegaskan,  Aparatur Sipil Negara (ASN) haruslah handal, profesional dan tangguh. Hal ini dikarenakan setiap saat selalu ada tuntutan masyarakat serta persaingan yang terjadi, baik ditingkat regional dan global.

Hal ini disampaikan Gubernur saat menjadi inspektur upacaraa Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomo Daerah XXI tingkat Provinsi Kepri di halaman kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (25/4).
“Bapak dan ibu sekalian sebagai ASN adalah aset daerah. Oleh sebab itu dituntut untuk selalu handal, profesional dan tangguh serta bekerja dengan ikhlas. Alhamdulillah sampai hari ini semua ASN Kepri sudah memiliki kriteria itu, dan hari ini diberi kesehatan sehingga bisa ikut upacara,” kata Gubernur.
ASN yang baik, lanjut Nurdin, tentu akan memberi kontribusi yang baik pula terhadap kecepatan dan ketepatan pembangunan. Oleh sebab itu, Nurdin meminta agar para pegawai yang sudah dilantik guna memegang jabatan tertentu, lantas tidak mengabaikan sumpah yang sudah diucapkan tersebut.
“Sumpah jabatan jangan hanya dibibir saja. Namun harus dilaksanakan dengan baik sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan Allah,” ujarnya lagi.
Sebagai ASN, tegas Gubernur lagi, tugas utamanya adalah melayani masyarakat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh Sebab itu setiap saat pepemerintah akan selalu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakatnya. Dan ASN dituntut agar lebih disiplin untuk memberikan pelayanan tersebut.
Pada kesempatan ini Gubernur membacakan lima point penting arahan Menteri Dalam Negeri. Lima arahan tersebut meliputi; pertama Pemerintah Daerah dan DPRD serta perangkat daerah lainnya agar menciptakan hubungan yang harmonis sehingga pembangunan Daerah  bisa lebih cepat. Kedua, agar senantiasa meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah daerah, guna mewujudkan Pemda yang Beraih. Hal ini melalui reformasi birokrasi.
Selanjutnya, yang ketiga agar memprioritaskan pembangunan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keempat, terus meningKatkan daya saing, baik tingkat regional, nasional dan global. Termasuk diantaranya persaingan di MEA. hal ini harus melibatkan masyarakat di bidang usaha.
Sedangkan amanah Mendagri yang terakhir kepada Pemerintah Daerah adalah terkait penerapan Keterbukaan Informasi Publuk (KIP).
Diakhir Upacara , Gubernur menyerahkan penghargaan untuk tiga Kabupaten/kota yang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)-nya terbaik di tahun 2016. Peringkat pertama diberikan kepada Pemkab Bintan, peringkat kedua kepada Pemko Tanjungpinang dan ketiga Pemkab Karimun. (red/hum)

Baca juga :

Top