Angin Utara Melanda Kepri, BMKG Imbau Warga Waspada

BMKG Kelas I Batam.

BMKG Kelas I Batam.

Batam, LintasKepri.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam mengimbau agar warga tetap waspada terhadap musim angin utara yang tengah melanda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat ini.

Prakirawan Cuaca BMKG Kelas I Batam, Aditya Prakoso, Kamis (16/2) menuturkan, hingga satu minggu kedepan cuaca di Kota Batam khususnya dan Kepulauan Riau pada umumnya masih rentan hujan ringan/hujan lokal disertai badai dan gelombang tinggi.

“Cuaca di Kota Batam hingga seluruh wilayah Kepulauan Riau hingga waktu dekat ini masih rentan hujan kecil di sertai badai yang berpotensi gelombang laut tinggi,” papar Aditya.

Ia menambahkan, karena kondisi tersebut, BMKG mengimbau kepada seluruh warga Batam maupun masyarakat di Kepulauan Riau agar lebih waspada terutama yang berhubungan dengan transportasi laut, perikanan maupun aktifitas kelautan lainnya.

Petugas BMKG Kelas I Batam saat melihat keadaan cuaca di wilayah Kepri dan daerah lainnya.

Petugas BMKG Kelas I Batam saat melihat keadaan cuaca di wilayah Kepri dan daerah lainnya.

Tak hanya itu, dikarenakan angin badai yang cukup kencang di wilayah Kepri hingga saat ini, diharapkan kepada masyarakat yang berkendara terutama roda dua agar memperhatikan laju kendaraannya.

“Karena bisa saja angin kencang mempengaruhi keseimbangan dalam berkendara,” jelas Aditya.

Ditempat berbeda, Suratman, Kasi Data dan Informasi BMKG menyebut saat ini di Kepri terjadi musim angin utara yang notabene adalah wilayah kepulauan.

“Karakteristiknya sangat terpengaruh oleh kondisi geografis yang ada. Hujan ringan dan badai dengan kuantitas yang cukup tinggi,” katanya.

Berdasarkan data dari BMKG Batam, esok Jumat (17/2) hingga beberapa hari kedepan wilayah Kepri berpotensi hujan ringan namun tidak berdampak ke seluruh wilayah.

Sementara itu, untuk ketinggian gelombang, BMKG menyebut gelombang di perairan Natuna bisa mencapai 5 meter. Kondisi ini berdampak hingga pesisir timur Bintan sampai ke Lingga.

Untuk wilayah Dabo Singkep hingga daratan Jambi ketinggian gelombang berkisar hingga 0,2-0,8 meter, sedangkan wilayah Anambas ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter.

Selanjutnya untuk Batam tinggi gelombang berkisar antara 0,2-2 meter. Sementara, arus didasar laut juga di prediksi cukup kuat.

(Ifanko)

Baca juga :

Top