''

Alumni STIMART dan AMNI Gelar Halal Bihalal

reuniTanjungpinang, Lintaskepri.com – Bersempena perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Keluarga besar Ikatan Alumni dan Taruna-Taruni Sekolah Tinggi Transportasi Maritim (STIMART) dan Akademi Maritim Nasional Indonesia (AMNI) Semarang untuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri) menggelar acara Halal Bi Halal di restoran resort Sams Ana, Jalan Yos Sudarso (Batu Hitam), Gg. Jahan Kota Tanjungpinang. Acara ini dimulai pukul 13.00 hingga 16.00 Wib, Sabtu (25/7).

Ketua Ikatan Alumni (IKANI) wilayah Kepri, M. Benbela mengatakan, acara Halal Bi Halal tersebut bertujuan mempererat tali silaturrahmi sesama Alumni dan Taruna-Taruni Stimart Amni.

Benbela berharap jika ke depannya, khususnya untuk wilayah Kepri para Taruna dan Taruni asal Kepri hendaknya dapat memberikan sumbangsih maupun ilmunya kepada daerah ini (Kepri).

“Untuk wilayah Kepri sendiri, alumni Amni yang terdaftar di dua Kabupaten/Kota sebanyak 270 orang. Kita berharap, ke depan lulusan Amni dapar mengambil peran di Kepri. Ini yang sedang kita konsep ke depannya, khususnya para alumni,” katanya.

Ketika disinggung bagaimana pembentukan SMK di bidang Kemaritiman di Kepri, kata Benbela, hal ini tergantung kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda). Hal itu juga sebelumnya telah diusulkan sebelumnya.
“Pihak kami juga telah mengusulkan kepada Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kepri guna melakukan kerja sama di bidang pendidikan, salah satunya dengan diadakan jurusan kelautan,” paparnya.

Masalah kerjasama (MoU), sambungnya, telah disampaikan juga kepada pemerintah dan tinggal dilakukan sharing antar sesama. Fungsi Alumni ini, sambung dia, adalah memberikan kontribusi bantuan dengan istilah Prala untuk jurusan Nautik Teknik dan Proda untuk jurusan Tata Laksana. Nantinya, para Taruna-Taruni akan dikirim ke kapal- kapal dari Indonesia dan Luar Negeri guna lulus dengan waktu yang tepat. “Respon pemerintah cukup baik. Lulusan kami juga banyak yang bekerja di Pemerintahan seperti di Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, kampus Amni telah berdiri pada tahun 1962, sedangkan Ikatan Alumni berdiri pada tahun 1980. Saat ini, jumlah taruna-taruni asal Kepri khususnya berjumlah 161 orang yang terdiri dari beberapa tingkatan pendidikan seperti tingkat 1 dan 2.

“Amni memiliki jurusan untuk program Diploma 3 (D3) dan Stimart untuk Strata1 (S1),” kata dia sembari mengatakan jika saat ini di Tanjungpinang sendiri sudah berdiri Sekretariat IKANI yang beralamat di Jalan Bunguran Barat, Sei Jang, Tanjungpinang.

Selain itu, tutup Benbela, IKANI wilayah Kepri memiliki cabang di setiap Kabupaten/Kota. Berpusat di Semarang, Jateng. Untuk Ketua Ikani Wilayah Kepri M.Benbela, STr, Sekretaris Jendral (Sekjen), Indra Putra AMd dan Bendahara, Asikin ATT I. (Kdr)

Baca juga :

Top