'

310 Peserta Ikuti Gerak Jalan 17 Kilometer

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah-Syahrul saat melepas gerak jalan 17 Kilometer, Minggu (20/8).

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah-Syahrul saat melepas gerak jalan 17 Kilometer, Minggu (20/8).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – 310 peserta mengikuti gerak jalan 17 Kilometer, Minggu (20/8). Acara itu dilepas langsung oleh Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah di Jembatan 1 Dompak Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.

Gerak jalan tersebut dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Negara Republik Indonesia Ke-72 tahun.

“72 tahun sudah kita merdeka, karena itu perlu kita syukuri. Lomba gerak jalan ini bertujuan agar masyarakat memaknai nilai-nilai perjuangan dan mengisi kemerdekaan dengan prestasi serta pembangunan di masyarakat,” kata Lis Darmansyah sebelum melepas peserta gerak jalan proklamasi.

Dia menjelaskan dari tahun ke tahun kegiatan seperti ini terus dievaluasi, khususnya 2 tahun terakhir.

“Kita punya aturan bagi para peserta untuk menampilkan nilai-nilai pendidikan, dan peserta sudah kita imbau agar tidak melanggar aturan. Misalnya peserta laki-laki mengenakan busana wanita,” tegas Lis.

Tahun lalu, kata dia, masih ada peserta laki-laki yang mengenakan busana perempuan, dan masih diberi toleransi. Namun tahun ini hal tersebut tidak dibiarkan.

“Bila kedapatan, mereka tidak akan kita lepas dan bila secara tiba-tiba muncul di jalan, maka segera kita bubarkan dan mereka bisa kita kenai sanksi mengenai pelanggaran ketertiban umum,” tegas Lis lagi.

Peserta gerak jalan 17 Km.

Peserta gerak jalan 17 Km.

Untuk peserta gerak jalan 45 Kilometer, dirinya sudah mengimbau kepada panitia agar memberikan waktu kepada peserta gerak jalan untuk melaksanakan sholat Shubuh tanpa mengurangi nilai dan memotong waktu mereka.

“Sholat adalah kewajiban, maka mereka harus menjalankan kewajiban mereka dulu, panitia tidak boleh mengurangi nilai mereka sebagai peserta gerak jalan,” terang Lis.

Ia menyebut peserta gerak jalan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat total keseluruhan yang mendaftar sebanyak 462 peserta yang dibagi dalam kategori 17,8 dan 45 Kilometer.

“Yang kita lepas sebanyak 310 peserta untuk kategori 17 Kilometer. Dari 462 peserta itu mereka ada yang mendaftar gerak jalan 45 dan 8 Kilometer. Insya Allah, jika peserta gerak jalan 17 Kilometer diikuti sebanyak 310 peserta, maka saya yakin peserta gerak jalan 45 Kilometer akan diikuti sampai 300 lebih peserta,” paparnya.

Sementara itu, yang mendaftar sebanyak 462 peserta terdiri dari TNI/Polri 9 regu, OPD 40 regu, 106 pelajar dan mahasiswa, serta 309 dari peserta umum/masyarakat.

Lomba gerak jalan proklamasi ini berlangsung meriah dan di tonton oleh ribuan masyarakat yang berada disepanjang rute yang dilalui peserta gerak jalan proklamasi mulai dari star di jembatan 1 Dompak hingga finish di pelataran Anjung Cahaya Tepi Laut.

Pelepasan gerak jalan proklamasi 17 Kilomter ini dihadiri, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Sekda Riono, unsur FKPD, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, para Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, Camat serta Lurah.

(Iskandar)

Baca juga :

Top