147 Jamaah Calon Haji Kota Tanjungpinang Siap Diberangkatkan

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang saat berfoto bersama calon Jamaah Haji Kota Tanjungpinang

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang saat berfoto bersama calon Jamaah Haji Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sebanyak 147 jamaah calon haji Kota Tanjungpinang siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Para jamaah calon haji ini akan ditempatkan di asrama haji Kota Batam pada 8 Agustus dan akan diberangkatkan pada esok harinya 9 Agustus mendatang.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan keberangkatan ke tanah suci Mekkah merupakan moment yang ditunggu-tunggu umat muslim khususnya jamaah calon haji.

“Bapak/ibu adalah orang-orang terpilih dan beruntung karena bisa melaksanakan ibadah haji,” katanya di Aula Asrama Haji Provinsi Kepri Tanjungpinang, Jum’at (5/8).

Menurutnya, manasik haji yang sudah diikuti ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai penyelenggaraan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam.

“Tahun ini rangkaian ibadah haji kita praktekkan secara langsung berbeda pada tahun sebelumnya. Jamaah calon haji mempunyai gambaran dan dapat di implementasikan di Mekkah,” ucap Lis.

Ia berpesan kepada seluruh jamaah calon haji untuk selalu kompak, menghormati serta saling membantu diantara jamaah yang muda maupun yang tua, yang kuat bantu yang lemah, bangun semangat kasih sayang dan kebersamaan.

Dikesempatan itu, Lis juga mendoakan semoga para calon jamaah dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar serta mendapatkan kesempurnaan ibadah haji yang mabrur.

Sementara itu, Imam Subekti selaku Kepala Pelaksana Kantor Kementrian Agama Kota Tanjungpinang menjelaskan jamaah calon haji asal Kota Tanjungpinang yang siap diberangkatkan ke Mekkah sebanyak 147 orang, 145 orang calon jamaah akan diberangkatkan pada kloter pertama, sementara 2 orang lagi akan diberangkatkan pada kloter 15 tanggal 21 Agustus mendatang.

“Awalnya jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Kota Tanjungpinang sebanyak 149 orang. Namun dua orang calon jamaah haji meninggal sehingga dibatalkan pemberangkatannya,” terangnya.

Ia mengatakan, untuk total calon jamaah haji yang siap diberangkatkan sebanyak 147 orang, 92 orang perempuan dan 55 orang laki-laki, 8 orang diantaranya beresiko tinggi tetapi dalam keadaan sehat.

Imam menyebut untuk calon jamaah haji termuda berusia 25 tahun atas nama Doni Fardiansyah bin Abdul Gaafar Walid, dan tertua berusia 80 tahun atas nama Said Bujang bin Said Muhammad.

Untuk 145 orang jamaah calon haji asal Kota Tanjungpinang pada kloter pertama akan diberangkatkan ke tanah suci mekkah dibagi dalam 13 regu dan akan terbang melalui embarkasi Hang Nadim Batam.

Sebelum berangkat jamaah calon haji harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan.

Pelepasan jamaah calon haji ke tanah suci Mekkah itu pun diwarnai dengan prosesi tepuk tepung tawar dengan menabur beras kunyit yang dilakukan oleh Walikota Lis Darmansyah, Wakil Walikota, Syahrul, serta sejumlah pejabat.

Prosesi itu merupakan adat istiadat melayu yang memiliki makna doa selamat untuk seluruh jamaah calon haji yang akan menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah. (hum/red)

Baca juga :

Top